3 Jenis Latihan Aerobik Terbaik untuk Kesehatan

Aerobik merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan bentuk tubuh.

Ada 3 jenis latihan aerobik yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil terbaik, yaitu jogging, berenang, dan bersepeda.

1. Jogging

Diantara ketiganya, jogging merupakan yang terbaik. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik, Anda harus melakukannya setiap hari selama 60-90 menit.

Jogging membantu menyingkirkan lemak tubuh yang tidak diinginkan. Jogging juga membantu tubuh belajar untuk menggunakan oksigen lebih efisien.

Saat ini hampir semua olahraga termasuk jogging bisa dilakukan di dalam ruangan, sehingga bisa dilakukan kapanpun Anda mau.

2. Berenang

Berenang merupakan latihan aerobik yang bagus karena memungkinkan seluruh tubuh untuk bergerak. Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka Anda perlu melakukannya 30-60 menit.

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan persendian, berenang atau berjalan di dalam air merupakan pilihan bagus karena air bisa melepaskan stres pada sendi.

Berenang dapat meningkatkan denyut jantung menjadi lebih cepat, oleh karena itu bagi mereka yang memiliki masalah jantung harus berhati-hati.

3. Bersepeda

Anda bisa pergi ke gym dan menggunakan sepeda stasioner atau bisa juga bersepeda di lapangan terbuka dengan sepeda biasa.

Sekedar mengayuh sepeda mengelilingi taman tidak akan efektif. Cara yang baik adalah bersepeda naik ke atas bukit atau mengendarai sepeda lebih cepat.

Bersepeda baik bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan karena tidak menyebabkan tekanan mekanik pada lutut, pinggul, dan punggung.

Bersepeda juga baik bagi mereka yang memiliki masalah ortopedi dan tidak dapat berjalan atau berlari untuk waktu yang lama.

Leave a comment